Kamis, 02 Oktober 2014

Tes Karakteristik Pribadi




Tes Karakteristik Pribadi
1.  Kinerja organisasi berjalan cukup efisien, namun pimpinan terkesan mengontrol situasi dengan
sangat ketat. Menyikapi situasi ini, sikap anda adalah...
a.  Mengusahakan keterlibatan pegawai dalam pengambilan keputusan
b.  Tidak bertindak apapun, cukup dengan mengikuti jalannya arus
c.  Melakukan apa saja yang dapat dikerjakan utuk membuat pegawai merasa penting dan
dilibatkan.
d.  Mengabaikan saja

Jawaban: C
Melakukan apa saja yang dapat dikerjakan utuk membuat pegawai merasa penting dan dilibatkan.

2.  Organisasi saya sedang mengalami masalah internal, sikap saya sebaiknya adalah....
a.  Bagaimanapun juga publik berhak tahu, oleh karenanya saya beberkan masalah internal
tersebut kepada publik
b.  Saya berusaha agar diri saya jangan sampai terkena imbasnya
c.  Saya  berusaha  memberikan  gagasan  pemecahan  masalah  kepada  pimpinan,  sambil
menjaga kerahasiaan masalah internal ini
d. Biarlah pimpinan yang mengambil keputusan

Jawaban: C
Saya berusaha memberikan gagasan pemecahan masalah kepada pimpinan, sambil menjaga kera-
hasiaan masalah internal ini

3.  Yanto, teman akrab Anda, melakukan kecurangan absensi. Maka Anda....
a.  Mentolerir karena baru kali ini Yanto melakukannya
b.  Mengingatkan dan menegur Yanto
c.  Rekan kerja yang lain juga melakukannya, jadi tidak apa-apa
d.  Menegur dan melaporkan apa adanya kepada atasan

Jawaban: B
Mengingatkan dan menegur

4.  Suatu  ketika,  saya  ditugaskan  pimpinan  untuk  menjadi  notulen  dalam  Rapat  Badan
Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan. Sikap saya adalah....
a.  Tidak akan membocorkan hasil keputusan rapat karena bukan wewenang saya
b.  Dengan bangga saya akan menceritakan kepada rekan sejawat saya hasil keputusan rapat
c.  Berusaha menghindari rekan yang membujuk untuk mengetahui hasil keputusan rapat
d.  Memberitahu sahabat saya di kantor tentang hasil keputusan rapat

Jawaban: A
Tidak akan membocorkan hasil keputusan rapat karena bukan wewenang saya

5.  Anda mengetahui bahwa pimpinan Anda melakukan rekayasa laporan keuangan kantor. Sikap
anda adalah....
a. dalam hati tidak menyetujui hal tersebut
b. tidak ingin terlibat dalam proses rekayasa tersebut
c. hal semacam itu memang sudah menjadi tradisi yang tidak baik di Indonesia
d. mengingatkan dan melaporkan kepada yang berwenang

Jawaban: B
Tidak ingin terlibat dalam proses rekayasa tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 






6.  Menurut saya, bekerja adalah...
a. Beribadah
b. Kewajiban
c. Tugas
d. Kebutuhan

Jawaban: A
Beribadah

7.  Seorang oknum staf HRD Perusahaan menawarkan bantuan kepada saya, untuk bisa diterima
menjadi karyawan di tempat tersebut dengan cara memberikan dana dengan jumlah tertentu.
Sikap saya adalah....
a.  Menolaknya. Karena saya ingin diterima dengan cara yang sah, bukan dengan suap, agar
rezki saya sebagai Karyawan nanti tetap halal
b.  Menerima tawaran tersebut, sebab persaingan memang sangat ketat
c.  Mencoba terlebih dahulu dengan cara resmi sebelum melalui cara seperti itu
d.  Meminta saran pada orang tua terlebih dahulu

Jawaban: A
Menolaknya. Karena saya ingin diterima dengan cara yang sah, bukan dengan suap, agar rezki
saya sebagai Karyawan nanti tetap halal

8.  Ketika  organisasi  sedang  mengalami  permasalahan  internal  seputar  manajemen  keuangan
(kerugian atau defisit yang cukup besar). Pendapat saya terhadap kondisi ini adalah....
a.  Seharusnya pimpinan puncak dapat menindak tegas yang terlibat dalam masalah ini
b.  Tidak mempersoalkan masalah tersebut karena bukan bagian tugas saya
c.  Saya akan menjaga kerahasiaan permasalahan yang terjadi dan tidak ingin ikut campur
masalah keuangan
d.  Perlu  menjelaskan  permasalahan  kondisi  keuangan  perusahaan  kepada  seluruh  jajaran
organisasi agar dapat mengevaluasi kembali rencana pembelanjaan

Jawaban: D
Perlu menjelaskan permasalahan kondisi keuangan perusahaan kepada seluruh jajaran organisasi
agar dapat mengevaluasi kembali rencana pembelanjaan

9.  Saya sering mengingatkan bawahan saya untuk tidak melakukan kekeliruan pekerjaan kantor.
Maka perilaku saya....
a.  lebih baik saya tidak melakukan kekeliruan itu
b.  Karena saya atasannya, peraturan tersebut tidak berlaku bagi saya sendiri
c.  boleh sesekali melakukan kekeliruan tersebut
d.  tidak boleh melakukan kekeliruan tersebut

Jawaban: D
Saya pun tidak boleh melakukan kekeliruan tersebut

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 






10.  Bulan  depan  ada  kesempatan  untuk  ikut  kompetisi  dalam  bidang  yang  saya  senangi,  maka
yang akan saya lakukan adalah....
a.  ikut, karena yakin akan menang
b.  tidak ikut karena khawatir kalah
c.  ikut apabila ada kemungkinan saya menang
d.  mempersiapkan diri agar dapat memenangkan persaingan

Jawaban: D
Mempersiapkan diri guna memenangkan persaingan.

11.  Sebagian  rekan  kerja  pulang  20  menit  lebih  awal  dari  jadwal  yang  seharusnya,  bagaimana
dengan Anda?
a.  Saya tidak melakukannya agar dinilai sebagai staf yang rajin oleh atasan
b.  Banyak yang melakukannya sehingga saya pun juga melakukannya
c.  Saya tetap mengikuti aturan yang berlaku sehingga tetap pulang sesuai jadwal
d.  Demi toleransi, saya ikut melakukannya

Jawaban: C
Saya tetap mengikuti aturan yang berlaku sehingga tetap pulang sesuai jadwal

12.  Atasan anda menetapkan target tugas harus selesai pada deadline tanggal 27 bulan ini, maka
sikap Anda....
a.  mencoba menyelesaikan tanggal 26 jika memungkinkan
b.  akan meminta ijin kelonggaran waktu apabila ada tugas lain
c.  akan menyelesaikan tugas tepat pada tanggal 27
d.  meminta tolong rekan lain agar tidak terlambat deadline

Jawaban:  A
Saya mencoba menyelesaikan tanggal 26 jika memungkinkan.

13.  Ketika banyak pegawai di kantor saya tidak mematuhi peraturan tentang larangan penggunaan
fasilitas internet kantor untuk keperluan pribadi, maka pendapat saya....
a.  tidak akan mematuhi peraturan yang sangat sulit untuk dipatuhi itu
b.  mematuhi peraturan tersebut dan berusaha mengajak pegawai lain untuk turut mematuhinya
c.  akan terus mematuhi peraturan tersebut meskipun sebagian besar melanggarnya.
d.  menyarankan perubahan peraturan tersebut

Jawaban: B
Saya akan terus mematuhi peraturan tersebut meskipun sebagian besar melanggarnya. Saya me-
matuhi peraturan tersebut dan berusaha mengajak pegawai lain untukturut mematuhinya.

14.  Menurut saya, untuk menjadi pegawai negeri sipil yang sukses, saya harus melakukan...
a.  Mengembangkan hal hal baru yang belum pernah diciptakan sebelumnya
b.  Melakukan pekerjaan yang terbaik dengan standar kinerja yang tinggi
c.  Mengikuti perintah dan arahan pimpinan secara loyal dan penuh kepatuhan
d.  Bekerja sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pimpinan

Jawaban:
B. Melakukan pekerjaan yang terbaik dengan standar kinerja yang tinggi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 






15.  Anda adalah seorang karyawan di sebuah perusahaan perdagangan. Anda tahu pasti bahwa
beberapa  jenis  produk  Indonesia  memiliki  “keunggulan  mutlak”  di  banding  negara  lain.
Mengetahui kondisi tersebut, sebutkan visi Anda!
a.  Saya tanyakan terlebih dulu pendapat rekan lain mengenai hal ini
b  Hal itu mungkin sudah ditangani oleh karyawan lainnya, karena di kantor Kementerian
Perdagangan ada banyak rekan lain
c.  Saya  akan  mengusulkan  kepada  atasan  untuk  mengoptimalkan  perdagangan  produk-
produk tersebut karena memiliki keunggulan harga murah dan ketersediaan barang
d.  Saya kurang berani mengusulkan ini itu kepada pimpinan

Jawaban: C
Saya akan mengusulkan kepada atasan untuk mengoptimalkan perdagangan produk-produk
tersebut karena memiliki keunggulan harga murah dan ketersediaan barang.

16.  Arti kegagalan menurut saya adalah
a.  isyarat tegas bahwa kita harus berhenti
b.  Sering menjatuhkan mental saya
c.  sebagai cambuk untuk meningkatkan ketangguhan saya untuk mencoba lagi dengan lebih
baik
d.  hal yang dapat mengurangi semangat

Jawaban:  C
sebagai cambuk untuk meningkatkan ketangguhan saya untuk mencoba lagi dengan lebih baik.

17.  Bagi saya, bekerja merupakan upaya untuk meraih kesuksesan. Oleh karena itu,
saya harus selalu berupaya untuk....
a.  Bekerja berdasarkan kontrak
b.  Berusaha mengatasi orang yang menghalangi upaya saya
c.  Bekerja dengan disiplin dan selalu berusaha yang terbaik
d.  Bekerja sampai larut malam

Jawaban: C
Bekerja dengan disiplin dan selalu berusaha yang terbaik

18.  Ketika gagal mencapai sesuatu yang diinginkan, maka sikap saya adalah....
a.  mencari orang-orang yang ikut andil dalam kegagalan saya
b.  menenangkan diri beberapa waktu
c.  bersedih hati
d.  melakukan  introspeksi  diri  dan  memperbaiki  kekurangan  yang  menjadi  penyebab
kegagalan

Jawaban: D
melakukan introspeksi diri dan memperbaiki kekurangan yang menjadi penyebab kegagalan.

19.  Tim sepak bola unit kami diperkirakan akan kalah melawan tim sepak bola unit lain di dalam
instansi kami. Dalam kondisi seperti ini, maka sikap saya dalam pertandingan adalah....
a.  Memberikan dukungan karena malu dianggap tidak setia kawan
b.  Berusaha bersembunyi agar tidak diketahui bahwa saya adalah pendukung tim lemah
c.  Jika tim kami kalah tidaklah mengapa, toh sudah diperkirakan demikian
d.  Tetap memberikan dukungan dengan penuh semangat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 






Jawaban: D
Tetap memberikan dukungan dengan penuh semangat.

20.  Saya  mendapat  tawaran  dari  pimpinan  untuk  melanjutkan  studi  di  provinsi  lain  atas  biaya
kantor.  Sedangkan,  saat  ini  saya  baru  saja  dikaruniai  momongan  yang  sudah  lama  saya
nantikan. Menyikapi keadaan ini, maka keputusan saya adalah....
a.  Menolak tawaran tersebut
b.  Menolak  tawaran  tersebut  namun  mohon  kebijakan  pimpinan  jika  ada  kesempatan  lagi
saya dapat diikutkan
c.  Menerima  tawaran  tersebut  dengan  permohonan  agar  keluarga  dapat  ikut  saya  dengan
tambahan biaya hidup
d.  Menerima tawaran tersebut dengan konsekuensi mengikutkan keluarga yang merupakan
tanggungjawab saya

Jawaban: D
Menerima tawaran tersebut dengan konsekuensi mengikutkan keluarga yang merupakan tang-
gungjawab saya.

21.  Setelah berhasil mendapatkan penghargaan sebagai pegawai paling berprestasi tahun ini, maka
sikap saya adalah....
a.  Puas dengan penghargaan tersebut
b.  Saya senang dan berupaya untuk lebih berprestasi lagi
c.  Memberitahukan kepada seluruh keluarga berita bahagia ini
d.  Saya bertanya-tanya mungkinkah tahun depan akan mendapatkannya lagi?

Jawaban: B
Saya senang dan berupaya untuk lebih berprestasi lagi.

22.  Pada saat bangun tidur, seringkali saya merasa....
a.  Bersemangat untuk melaksanakan aktifitas sehari-hari
b.  Tugas-tugas yang begitu banyak telah menanti saya
c.  Berharap semoga hari ini hari baik saya
d.  Khawatir atasan akan marah lagi hari ini

Jawaban: A
Bersemangat untuk melaksanakan aktifitas sehari-hari

23.  Para pemimpin besar dunia itu bagi saya adalah....
a.  orang yang memiliki pribadi yang langka
b.  orang yang berusaha keras dalam hidupnya untuk sukses
c.  orang yang mendapatkan kesempatan dan fasilitas sehingga bisa sukses
d.  orang yang memang sudah ditakdirkan menjadi pemimpin besar

Jawaban: B
Mereka berusaha keras dalam hidupnya untuk sukses

24.  Kontribusi yang akan saya berikan terhadap pembangunan nusa dan bangsa lndonesia adalah....
a.  Dimanapun saya berkarya, saya akan turut memberikan kontribusi terhadap pembangunan
bangsa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 






b.  Dimanapun saya berkarya, saya akan turut memberikan kontribusi terhadap pembangunan
bangsa dengan syarat didukung oleh pemerintah
c.  Jika saya berkarya sebagai Pegawai Negeri Sipil
d.  Ketika saya menjadi seorang birokrat tingkat atas

Jawaban: A
Dimanapun saya berkarya, saya akan turut memberikan kontribusi terhadap pembangunan
bangsa.

25.  Anda adalah seorang karyawan apotek. Seorang pembeli ingin membeli obat-obatan tertentu
yang harus menggunakan resep dokter karena bisa membahayakan kesehatan. Pembeli tersebut
tidak mempunyai resep obat itu. Namun ia memaksa ingin membelinya dan dia memberikan
sejumlah uang kepada Anda agar mau memberikan obat tersebut. Atas tawaran tersebut, apa
yang akan Anda lakukan?
a.  Saya memberikan obat tersebut kepadanya, karena dia memaksa
b.  Saya menerima uang tersebut dan memberikan obatnya
c.  Saya berkonsultasi kepada rekan sejawat dulu
d.  Saya menolaknya dengan mantap

Jawaban: D
Saya menolaknya dengan mantap

26.  Sebagian  besar  pegawai  di  kantor  instansi  saya  meminta  uang  tanda  terimakasih  atas
pengurusan surat ijin tertentu. Padahal, sesuai peraturan kantor, hal itu tidak diperbolehkan.
Melihat keadaan tersebut, maka saya....
a.  Ikut melakukannya karena rekan-rekan sekantor juga melakukannya
b.  Melakukannya  hanya  jika  terpaksa  membutuhkan  uang  tambahan  untuk  keperluan
keluarga, sebab gaji kantor memang kecil
c.  Berusaha semampunya untuk tidak melakukannya
d.  Tidak ingin melakukannya sama sekali.

Jawaban: D
Tidak ingin melakukannya sama sekali.

27.  Pada saat anda ditempatkan di front office untuk melayani tamu pimpinan, saat itu pimpinan
anda sedang tidak berada di tempat dan juga tidak dapat dihubungi. Sementara itu, ada tamu
pimpinan yang membutuhkan keputusan segera. Menyikapi situasi tersebut, maka sikap anda
adalah....
a.  Mengambil keputusan meskipun tanpa petunjuk atasan selama tidak bertentangan dengan
kebijakan umum pimpinan
b.  Tidak berani mengambil keputusan tanpa petunjuk atasan saya
c.  Mengambil keputusan tanpa petunjuk atasan karena keadaan sangat mendesak
d.  Ragu-ragu dalam mengambil keputusan tanpa petunjuk atasan saya

Jawaban: A
Mengambil keputusan meskipun tanpa petunjuk atasan selama tidak bertentangan dengan kebi-
jakan umum pimpinan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 






28.  Pimpinan kantor anda berencana mengadakan rapat kerja dengan agenda membahas penyusunan
rencana kerja untuk tahun anggaran depan. Setiap pegawai diharapkan mempersiapkan usulan
untuk kegiatan tahun depan. Sikap saya....
a.  mempersilahkan rekan kerja lain untuk mengusulkan ide kegiatannya
b.  Tidak berminat sama sekali untuk mengajukan suatu ide kegiatan
c.  Mungkin  berminat  untuk  mengajukan  suatu  ide  kegiatan  yang  akan  dilaksanakan
tergantung situasi dan kondisi
d.  Berminat mengajukan suatu ide kegiatan yang akan dilaksanakan meskipun nantinya ide
tersebut tidak diterima

Jawaban: D
Berminat mengajukan suatu ide kegiatan yang akan dilaksanakan meskipun nantinya ide tersebut
tidak diterima.

29.  Kantor  Anda  mengadakan  training  yang  sangat  bermanfaat  bagi  peningkatan  kemampuan
Anda,  sayangnya  training  tersebut  diadakan  pada  hari  Sabtu  dan  Minggu.  Keputusan  anda
adalah....
a.  Saya bersedia mengorbankan dua hari libur tersebut untuk mengikuti training
b.  Lebih baik saya mengikuti training yang diadakan bukan pada hari libur
c.  Saya menyarankan pegawai lain yang masih lajang saja untuk mengikuti training tersebut
d.  Saya bersedia mengikuti training namun hanya hari Sabtu saja

Jawaban:  A
Saya bersedia mengorbankan dua hari libur tersebut untuk mengikuti training.

30.  Ketika di kantor, saya tiba-tiba ingin mencetak atau mem-print 5 lembar data-data pribadi saya
yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan. Maka saya....
a. mem-print di rumah saja memakai printer sendiri
b. mem-print di kantor pada saat printer tidak dipakai
c. mem-print di kantor namun dengan memakai kertas saya sendiri
d. langsung saja mencetak atau mem-print di kantor


Jawaban: A
Saya mem-print di rumah saja memakai printer sendiri.





SO
H






.C




OM

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar